Translate

Sabtu, 18 Mei 2013

Menyiapkan Kandang Penangkaran

 Setelah sepasang kenari sudah jodoh maka keduanya harus dipindahkan ke kandang penangkaran, pada awal mencoba menangkarkan burung kenari saya menggunakan sangkar soliter/gantung sebagai tempat untuk menangkarkan, ternyata sepasang kenari tersebut dapat berkembangbiak dengan baik. Untuk kali ini saya mencoba menggunakan kandang battery, dengan pertimbangan sebagai berikut :
- Menghemat tempat dan ukurannya dapat menyesuaikan dengan ruangan yang ada.
- Dapat dibuat sendiri dengan bahan yang mudah didapat di sekitar kita.
- Kenari lebih aman dari gangguan.
- Pasangan kenari dapat diganti-ganti karena antar kandang tidak saling melihat.

Alat –alat yang diperlukan :
alat dan bahan membuat kandang pict

- Gergaji kayu
- Ketam kayu
- Palu
- Pahat kayu
- Penggaris siku
- Bor
- Meteran
- Kertas amplas
- Tang

Bahan-bahan yang diperlukan :
- Triplek 10 – 12 mm (1 lembar)
- Paku triplek 
- Lem kayu
- Kawat jemuran diameter 2 mm ( 2 kg)
- Jeruji bambu diameter 2 mm (56 batang)
- Cat kayu warna putih (1 kaleng @ 0,5 kg)
- Plamir kayu ( 1 kaleng @ 0,5 kg)

Bentuk dan Ukuran Kotak
Untuk model kandang saya buat berbentuk kubus dengan ukuran 45 cm x 45 cm x 45 cm, 1 unit terdiri dari dua kandang. Pertimbangan saya buat ukuran ini agar pembuatan kandang dapat dibuat bertahap, suatu saat jika saya buat 1 unit kandang lagi maka untuk menempatkannya tinggal ditaruh diatas unit yang pertama, begitu seterusnya sampai berada pada batas ketinggian dinding ruangan kita. 
kandang penangkaran kenari pict


Tempat Pengeraman
Untuk tempat pengeraman dapat digunakan bemacam-macam bentuk , dapat berbentuk bundar maupun kotak. Bila menginginkan bentuk bundar dapat dipakai keranjang anyaman bambu, bekas tempat sabun colek, atau barang-barang bekas lainnya yang sekiranya nyaman dipakai burung untuk menempatkan telur dan mengeram. Saya memilih bentuk kotak dengan bahan terbuat dari triplek.
kotak pengeraman pict


Bentuk Kandang Penangkaran
Setelah kotak triplek sudah dicat dang sudah diberi jeruji serta segala perlengkapannya, maka selanjutnya kita letakkan di atas meja dengan tinggi 40 – 60 cm. Untuk menghindari gangguan semut maka pada bagian kaki meja kita olesi oli.
kandang kenari pict


Jika suatu saat kita berencana membuat beberapa unit kandang lagi maka penempatannya dapat diletakkan diatas unit kandang yang pertama, seperti contoh gambar kandang penangkaran dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar